bahaya ac mobil, garda oto bandung

Bahaya AC mobil

Bahaya AC mobil mungkin tidak terlalu diperhatikan oleh kebanyakan orang. Terlebih di iklim Indonesia yang tropis ini sehingga kebutuhan akan AC menjadi sangat penting.

Bisa dibilang hampir setiap hari AC akan beroperasi untuk memberikan kesejukan di dalam ruangan & mobil. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan terlalu sering terkena semburan udara dari AC bisa mengakibatkan bahaya kesehatan ?

Terlebih jika semburan tersebut terjadi dalam waktu yang lama dan mengenai bagian tubuh tertentu seperti wajah, punggung atau leher. Bukan hanya gejala masuk angin saja yang bisa menyerang tubuh Anda, tapi beberapa penyakit lain yang cukup berbahaya pun bisa muncul akibat semburan AC :

  1. Bell’s Palsy (kelumpuhan wajah sebelah)

Masih merupakan gangguan saraf yang menyerang akibat semburan AC yang terlalu lama. Gangguannya merupakan pembengkakan saraf pada wajah di satu sisi sehingga penderita seperti merasa lumpuh sebelah di bagian wajah. Tanda-tandanya adalah jika sebelah mata terasa pedih saat cuci muka karena tidak dapat ditutup.

Kemudian saat minum, airnya meler dan sulit untuk berkumur karena mulut menjadi mencong, termasuk bicara pun menjadi pelo dan susah. Indra perasa lidah pun tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Biasanya penyakit ini menyerang remaja dan dewasa muda tapi tidak menutup kemungkinan untuk menyerang orang tua. Bisanya akan dianggap stroke jika menyerang orang tua. Penyakit ini bisa diobati dengan anti virus, anti inflamasi dan vitamin saraf. Jika diobati dengan baik maka dalam 1 – 6 minggu penderita bisa sembuh.

  1. Frozen Shoulder (Bahu Beku)

Merupakan salah satu penyakit akibat terlalu lama terkena udara AC. Jika Anda menderita penyakit ini maka ketika bangun pagi pergelangan bahu akan terasa sakit. Lengan akan terasa susah digerakkan sehingga membatasi ruang gerak Anda. Hal ini terjadi karena udara dingin yang terus menerus mengenai tubuh bagian atas sehingga menyebabkan gangguan pada saraf.

Sesegera mungkin harus dilakukan pengobatan terhadap penyakit ini. Karena jika dibiarkan begitu saja dan menjadi penyakit menahun maka untuk menyembuhkannya harus dilakukan operasai. Pengobatan yang biasa diberikan adalah anti nyeri dan anti radang. Ditambah dengan suntikan di bahu dan terapi pemanasan serta beberapa latihan untuk melemaskan bahu.

  1. Carpal Tunnel Syndrom

Penyakit ini terasa seperti kesemutan atau rematik. Adanya serangan udara dingin yang terus menerus pada bagian saraf yang terletak di terowongan-terowongan pada pergelangan tangan. Gangguan saraf ini yang kemudian menyebabkan kesemutan dan nyeri di bagian tangan terutama pada bagian ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Rasa sakit ini akan sangat terasa ketika malam hari dan terkena AC. Karena itu penderita penyakit ini harus mengurangi pemakaian AC .

  1. Tortikolis (Leher Tengeng)

Mungkin Anda pernah mendengar atau malah mengalami perisitiwa salah bantal. Keadaan dimana leher menjadi kaku dan tidak mampu melakukan gerakan seperti menoleh. Bahkan bila dipaksa bergerak akan terasa nyeri dan seperti kesetrum. Salah bantal inilah yang disebut Tortikolis.

Tortikolis bukan hanya merupakan penyakit karena salah posisi tidur namun juga karena hawa dingin yang terus menerus menyerang saraf sehingga terjadi pembengkakan. Bisa saja membiarkan penyakit ini untuk sembuh dengan sendirinya. Namun jika Anda ingin segera menyembuhkan leher tengeng ini bisa dengan memberikan obat anti radang atau suntikan pada leher yang terasa nyeri. Yang lebih penting lagi bagi penderita penyakit ini adalah untuk menghindari hawa dingin yang terus menerus.

  1. Kulit kering

Masalah kulit tidak hanya terjadi karena terkena sengatan sinar matahari saja. Kondisi ruangan yang terlampau dingin juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit, seperti bahaya AC. Saat terlalu lama menggunakan AC, efek kekurangan air akan terjadi pada tubuh, termasuk kulit. Kulit kita sejatinya sangat membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir di sekitar kulit.

  1. Sesak nafas

Kondisi ini terjadi dikarenakan udara yang kita hirup sangat sedikit sekali mengandung oksigen. Seperti yang sudah diungkap diawal, saat wajah kita menghadap AC maka sirkulasi udara di sekitar wajah sangat buruk, karena oksigen akan menipis dan justru karbon dioksida akan bertambah. Bahayanya adalah kita akan mengalami sesak nafas jika kekurangan pasokan oksigen, yang bisa menjadi penyebab asma.

Sumber : halosehat.com & bersosial.com

garda oto, asuransi mobil, all risk, tlo, bandung

Isi Form di bawah ini, Dapatkan penawaran lengkap, informasi fasilitas, bengkel layanan, keunggulan dan fitur hanya dalam waktu maksimum 10 menit..


**NoPol, Merek, type dan tahun kendaraan harap diisi dengan lengkap, contoh : B / Honda CRV 2.0 I-VTEC Manual th 2015 , harga kendaraan hanya diperlukan untuk mobil baru.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *